Tutorial DIY Movable Hijaiyah / LMA Hijaiyah

Postingan pertama ini saya akan berbagi sedikit bagaimana membuat movable hijaiyah. Saya pertama kali tau tentang movable hijaiyah ini dari instagramnya bunda Julia Sarah Rangkuti. Jadi ceritanya waktu itu lagi cari ide yang "fresh" untuk ngajarin Ca ngaji. Nah baru tau kalo ternyata ada juga movable hijaiyah. Kalo movable alfabet buat mengajarkan anak membaca, kalo movable hijaiyah ini berarti buat mempermudah belajar bahasa arab/ baca al quran ya.

Langsung deh saya cari sana sini yang jualan movable hijaiyah, tapi harganya mehongggg semua. Minimal untuk ukuran kecil aja butuh duit 400rban. *nangis dipojokan*

Ko bisa mahal ya?
Penjelasannya begini. Pertama, movable hijaiyah terbuat dari kayu. Kedua, produsennya cuma ada di luar negeri. Alias di Indonesia belum ada yang produksi. Kalo produksi di luar negeri otomatis harus bayar bagasi lah, bayar pajak (kalo ada) dan bayar lain-lain. Makannya sampe sini harganya udah mehong aja.


Dikala galau pengin LMA (saya nyebut LMA aja ya biar ga kepanjangan) tapi dana belum mencukupi, akhirnya diputuskan membuat sendiri. Nah sebelum membuat sendiri, perlu diputuskan dulu nih mau membuat LMA pake bahan apa. Kalo saya pribadi sih rekomendasi 2 bahan, dari kayu atau dari artfoam 3mm. Dari kayu jelas lebih enak ya moms, tapi buat yang ngga ada alat untuk motong kayu bisa pake artfoam aja. Jadi alatnya cuma modal gunting. 😂


Nah kebetulan, saya pribadi di rumah punya Playmat The Cool Tool. Jadi sejenis alat untuk membentuk kayu. Untuk alat ini Insya Allah nanti saya bahas sendiri di review produk ya. Intinya alat ini bisa untuk potong-potong kayu.


Alat dan Bahan:
  1. Playmat The Cool Tool / alat lain yang bisa memotong kayu.
  2. Kayu. Saya pake thick wood.
  3. Pola. Untuk link pola hijaiyah ada di pembahasan bawah ya, setelah cara membuat.
  4. Pensil.
  5. Cat akrilik biru.


Beginilah penampakan Playmat The cool tool


Cara Membuat:
  1. Buat pola pada kayu.

  2. Potong kayu sesuai pola.

  3. Cat pola yang sudah dipotong dan keringkan.
     
    Jadilah Movable Hijaiyah/ LMA Hijaiyah buatan sendiri. Untuk wadahnya saya buat sendiri dari dus bekas yang diberi sekat. Nempelin sekatnya pake lem tembak biar kuat. 
    Begini kira kira cara pakainya


Teori membuatnya sih gampang banget. Tapi aslinya butuh kesabaran. Ini saya membuat movable hijaiyah (huruf tunggal dan huruf sambung) masing-masing jumlahnya 1. Butuh waktu sekitar satu bulan, itu pun udah dibantu suami. Hahaha Karena pengin hasilnya rapih, jadi emang treatment per hurufnya bener bener serius. *ceileh treatment

Oh kalo ada yang tanya, bikin LMA sendiri budgetnya berapa nih? Hmmm... kalo menghitung dengan kondisi sudah punya playmat dan printer sendiri untuk nyetak pola, berarti cukup beli thick wood dan cat aja.
Thick wood saya pake 6 lembar ukuran 21 x 30. Klo beli di seraphina berarti sekitar 60rb. Nah, untuk catnya saya beli di gramedia harganya 30rb. Jadi total normalnya 90rb. Eh tapi berhubung saya kemaren dapet kayu gratisan dari seraphina 😂, untuk bikin ini berarti saya cuma ngeluarin kocek 30rb. Murahhhh banget ya. Dari harga asli 400rban, saya bikin sendiri cm abis 30rb 😍😍😍😍


Nah buat mommies yang pengin bikin sendiri, kebetulan saya punya pola hijaiyah sambungnya nih. Tapi mohon maaf ya, cuma pola sambungnya saja, untuk lain-lain seperti pola tunggal, dan harakat saya manual gambar. 😅 Untuk pola sambung ini pun masih saya edit sendiri besar kecilnya di ms.word. Jadi memang belum nemu pola yg instan, tinggal pake tanpa ribet ya moms.


Pola hijaiyah sambung ini kebetulan salah satu favorit printable yang banyak diminta. Saya merasakan sendiri ketika mencari pola memang susahnya luar biasa. Ini proses saya menemukan, dan download satu-satu lewat Pinterestnya itu lumayan lama juga. Ga cukup sehari. Jadi, untuk memudahkan mommies yang mau bikin silahkan klik link ini -> Hijaiyah Sambung

Silahkan di download dan di extract sendiri ya mom. Memudahkan saya juga biar ga kirim email satu-satu, karena yang minta pola ini juga sudah cukup banyak. 😅😄
Sekian tutorial pertama saya. Semoga bermanfaat ya moms. Tetep semangat mendidik anak! 😊😉

Komentar

  1. bisa minta copy printablenya bun? di link sidah tidak ada. notif sudahdi tempat sampah drive.

    BalasHapus

Posting Komentar