Cerita Liburan Jogja: Liburan yang edukatif, Ramah Anak dan Ramah Kantong



Halo moms. Ga terasa kita sudah memasuki tahun 2018. Rasanya waktu berjalan begitu cepat ya? Begitu juga dengan liburan yang rasanya cepeeeettt banget. Rasanya libur tahun baru kemarin masih kurang aja. Hahaha..

Ngomongin soal liburan, liburan kemarin moms jalan2 kemana nih? Liburan keluar kota, dalam kota? atau sekedar di rumah, quality time bareng keluarga?

Kalo saya pribadi menyempatkan liburan bareng Ca dan Ayah Ca ke Jogja. Sudah tiga tahun berturut-turut pergi ke destinasi yang sama. Dari saat usia Ca 1 tahun, 2 tahun dan tahun ini yang sudah menginjak usia 3. Entah kenapa pilihannya selalu ke Jogja. Semacam ada magnetnya. Kaya ada sesuatu yang selalu saya rindukan di sana. Sesuatu yang menuntun saya untuk selalu kembali berkunjung ke sana. Mungkin bener ya, kalo banyak orang yang bilang Jogja itu Istimewa. Selalu membuat orang rindu dan ingin kembali lagi. Tsaaaahhhhhh…

Tapi intinya bukan itu. Jadi, berdasar pengalaman saya ini, pengin deh sharing pengalaman berlibur di Jogja dengan membawa Balita. Liburan yang ngga cuma nyaman di anak, tapi juga mendidik dan ramah dikantong.

Liburan enaknya dimulai dari mana?
Dari persiapan dulu. 😁

Tentukan tanggal keberangkatan dan kepulangan.

Penting sekali nih moms. Saran saya, kalau dana terbatas, sebaiknya pilih tanggal hitam. Bukan tanggal merah atau liburan. Selain segala biaya jauh lebih murah, wisata ditanggal hitam/ weekdays biasanya lebih nyaman karena tidak terlalu banyak pengunjung. Tapi, yang saya pilih kemaren ndilalah pas tanggal merah. Pas liburan natal dan tahun baru pula. Maklum.. menyesuaikan libur suami πŸ˜†. Jadi yaaa.. harus punya ekstra dana dan ekstra sabar menghadapi keramaian yang luar biasa.

Booking tiket kereta, pesawat dan hotel jauh-jauh hari.

Kalo moms terpaksa harus liburan ditanggal merah, maka sebaiknya pesan segala jenis tiket jauh-jauh hari. Nah, berhubung saya berangkat dari Purwokerto, maka saya memilih transportasi Kereta. Lebih hemat dan efisien. Kalo mau bawa mobil sendiri lebih hemat lagi sih sebenernya. Tapi saya pribadi males bermacet2 ria selama perjalanan. Selain itu juga karena Ca suka naik kereta. Sepanjang perjalanan happy banget. Lari2 di gerbong, nyanyi2, ketemu dan bersosialisasi dengan penumpang anak lain. Buat saya worth banget, karena dalam perjalanan berlibur pun ada hal yang bisa dia pelajari, seperti: gerbong, lokomotif, rel, menambah kosakata baru serta mengasah kemampuan sosialnya.

Nah untuk yang menerapkan liburan murah dg kereta dari Purwokerto, pilih kereta Logawa. Harganya 70rban. Berangkat jam 5.30. Sampai Jogja (Stasiun Lempuyangan) sekitar jam 9 pagi.

Untuk transportasi selama di Jogja, saya memilih sewa motor. Nyari yang murah dan bisa dibawa nyelip2 (hemat waktu). Untuk sewa motor, normalnya bisa dapet harga 60rb. Tapi saat liburan biasanya dinaikkan, bisa sampai 90rb. Nah tips nih, kalo mau sewa sebaiknya juga jauh hari. Pengalaman saya order menjelang hari H susahhhnya minta ampun. Full booking semua moms.

Lanjut.. Sampai Jogja jm 9 kemana lg? Saya nitip barang bawaan di hotel. Booking hotel wajib jauh hari. Kalo engga, jangan harap dapat penginapan. Penginapan yang biasanya seharga 200rban per malam, kalo kita cari ndadak bisa dapet dg harga 500rb (pengalaman liburan tahun 2015). Itupun kalo kita masih beruntung dapet. Jadi kalo mau hemat, jauh2 hari pesennya ya moms. Kalo ada kenalan sodara lebih enak lagi ya, bisa nginep gratis. heheh.. Nah, kalo yang terpaksa menginap di hotel, saya ada dua rekomendasi hotel nih.

Pertama, kalo pengin yang nyaman dan leluasa buat anak bisa pilih Hotel Alana. Letaknya di Jl Monjali. Ga terlalu jauh dari objek wisata. Recomended banget untuk yg punya baby lagi MPASI. Kamarnya luas. Klo yang mau masak MPASI di kamar hotel jadi enak banget. Kekurangannya, showernya yang permanen di atas, ga bisa diambil dan diatur2. Jadi agak susah kalo buat mandiin baby. Ndadak pinjem gayung sm ember dulu. πŸ˜… Harga per malam sekitar 600rban. Yaaaa ada harga ada rupa.
Nah untuk hotel yang ekonomis namun fasilitas tetep enak bisa pilih airy rooms. Liburan tahun 2016 saya pilih airy yg di Jl godean. Pesen jauh2 hari dan nunggu pas promo dapet harga kamar 100rb per malam. GILE! Murah banget. Padahal fasilitas ok. Ada pemanas, perlengkapan mandi, handuk, makanan ringan, AC, dan Tv kabel. Nyaman-nyaman yang pokok kalo saya bilang. hihi
Dua hotel ini mau ko kalo dititipin barang bawaan. Jadi jadwal check in jam 2 siang, saya datang jam 10 pagi, nitipin carrier dulu. Saya kalo liburan lebih suka bawa carrier medium ketimbang koper. Iya carrier buat naik gunung ituloh.. hihihi .. Untuk ke objek wisata cukup bawa ransel kecil. Nanti kalo sudah jam 2, petugasnya mau ko masukin koper/bawaan kita ke kamar. Kalo pengalaman saya sih ngga ada biaya tambahan.

Tentukan destinasi wisata.

Wisata di Jogja ada apa aja sih?
Ada banyaaaaaakkkkkkk banget. Dua hari di Jogja kalo pengin mengunjungi semua itu ngga akan cukup. Tp berhubung bahasan kita tentang liburan yang edukatif dan ramah anak, maka rekomendasi saya ada Gembira Loka Zoo (GL Zoo), Taman Pintar (Tampin), Sindu Kusuma Edupark (SKE), Jogja Bay, dan Museum Pesawat. Berhubung liburan saya cuma 2 hari satu malam, maka cuma ambil 3 tempat wisata aja yaitu, Gembira Loka Zoo, Taman Pintar dan SKE.

Boleh Kasih Makan Hewan juga Loh di Gembira Loka Zoo. Tapi Hewan Tertentu Aja Ya.

Setelah menitipkan barang di hotel, lanjut ke GL Zoo. Harga tiket masuk GL Zoo 30rb per orang. Masuk aja ya, kalo mau tambah naik2 kapal, kereta keliling atau wahana bermain ya nambah lagi. Info resmi harga tiket bisa di cek di website resmi Gembira Loka Zoo.

Ke Gembira Loka Wajib Bawa Payung dan Air Minum

GL Zoo ini luaaaaassss banget. Jadi saat mau berkunjung jangan lupa persiapan stamina dan bawa : minum, camilan, dan payung. Di tengah perjalanan nanti akan ada show binatang, GRATIS ko. Ada jadwalnya ya moms. Bisa di cek di website resminya juga.. Show binatang ini rekomen untuk anak-anak karena mengedukasi seputar hewan-hewan.

Berfoto di Taman Burung

Oh ya makanan gimana?
Makan pagi kami di kereta. Bawa bekal dari rumah. Nah untuk siangnya, kami makan siang di luar area gembira loka. Pilih daerah UGM-UNY. Di sana kan area2 anak kosan, jadi lebih banyak makanan murah πŸ˜†. Kalo yang gatau daerah Jogja, bisa mampir di warung makan sekitar Gembira Loka aja.
Nah setelah makan siang, agenda saya ke Hotel. Ngaso dulu. Biarkan anak istirahat dulu biar ga rewel. Nah selepas maghrib bisa lanjut wisata ke Sindu Kusuma Edupark. Di sempatkan makan malam juga, bisa di daerah Godean atau di dalam SKE juga banyak foodcourt. Cuma ya kalo foodcourt di SKE ini tanggung. Kalo kata saya dan suami itu, makanannya kurang berat. Lebih ke makanan jajan aja si kaya pop mie, sosis, pizza, dsb.. Ohya ada satu makanan yang recommended banget di Jl Godean. Namanya Sate Sapi Kere. Kalo selo bisa mampir. Murah dan enak. Tapi mesti sabar… Kalo musim liburan, antri makannya bisa sampe 1 jam lebih.

Oke balik lagi cerita objek wisata. Wahana di SKE ini ada banyak banget. Paling enak pake tiket terusan. Tapi kalo untuk Ca yang masih Batita, ngga semua wahana bisa dicoba. Jadi dari awal sudah dipilihkan mau main apa2. Untuk detail harga tiket saya ga hafal ya moms. Kamaren lupa ngga di foto. Tapi tiket terusan sekitar 100rb/orang.

Untuk saya pribadi, saya ambil 3 tiket masuk, 3 tiket wahana bianglala raksasa (Cakra Manggilingan. ini ikonnya SKE jd wajib coba, kita bisa liat pemandangan kota Jogja di malam hari), dan 1 tiket wahana komidi putar. Sisanya main gratisan, ada ayunan, perosotan dsb.. Ini area SKE luas banget ya. Jadi cuma lari-lari kesana kemari aja Ca udah seneng. Kalo udah gedean mungkin udah bisa minta naik ini itu. πŸ˜‚

Cakra Manggilingan, Ikonnya Sindu Kusuma Edupark

Naik Komidi Putar

Kenapa memilih berkunjung ke SKE di malam hari?
Pertama, Buat saya SKE lebih bagus saat malam. Lampu bianglalanya dari jauh aja udah keliatan kaya lagi “ngawe awe” (memanggil). Terus ada wahana festival light yang emang cuma bs dilihat di malam hari. Kedua, jalan2 di area SKE lebih enak di malam hari. Ga panas. Hahahaha

Area Festival of Light

Kami ga mampir ke area Festival of Light sebenernya, cuma lihat dari depan aja. Kelihatan bagus2 si buat foto. Cuma lihat Ca kayanya kurang tertarik. Selain itu mahal juga. Sekali masuk sekitar 35rb/ orang. Memang paling murah beli tiket terusan ya kalo pengin masuk semua wahana. hihihi...

Setelah dari SKE dan makan malam, perjalanan dilanjutkan dengan istirahat di hotel.

Paginya, bisa sarapan dan berenang di hotel. Kalo cm booking hotel biasa, bisa buat cari sarapan. hehehe.. Wisata terakhir kami di Taman Pintar. Paling enak berangkat dari rumah jam 8/9an.. Kalo udah siang dikit udah ga nyaman karena antriiinyaa.

Nah di Taman Pintar ini ada bermacam2 wahana. Yang saya lakukan pertama yaitu beli tiket. Beli tiket Planetarium, eehh kebagian show jam stengah 12. Padahal itu udah gasik ya dateng jm 9. Sambil menunggu show Planetarium, bisa dengan ikut kegiatan kreasi (gerabah, membatik, kaos, dsb), atau sekedar masuk ruang oval dan arena lain. Pengalaman saya, Untuk Ca yang umurnya baru 3 tahun, masuk ruang oval dsb kurang recommend. Mungkin karena ramai banget jadi malah ga bisa enjoy menikmati peraga belajar di dalem. Nah dari sekian banyak wahana, saya perhatikan ada 4 area yang Ca nikmatin banget.

Pertama, program kreativitas. Jadi saya ambil membuat kaos lukis. Kasih kesempatan Ca buat lukis2 karena kebetulan Ca seneng banget kegiatan ini. Selesai kegiatan, sambil nunggu kaos lukisnya kering bisa ke wahana lain.

Gambar Favorit Ca: Kereta Api

Kedua, wahana lalu lintas. Mungkin karena seneng banget dg transportasi, jadilah wahana ini juga jadi salah satu yg favorit.

Ketiga, wahana gratisan di sekitar area Tampin. Ada banyakkk ko yg gratisan, kaya main air. Jadi kalo udah niat mau main air bisa siapkan baju gantinya.

Keempat, area PAUD. ini yang paling saya sukaaaa. Murah banget cuma 3rb, tapi anak bisa main asyik dan edukatif. PAUD ini, selama kunjungan saya ke Tampin, area yang terbilang sepi. Mungkin banyak orang tua yang ngga mudeng ini apaan ya. Jadi saya coba share sedikit. Area PAUD dibagi menjadi 2. PAUD Barat dan PAUD Timur. Untuk PAUD Timur isinya saya agak lupa, karena cuma masuk yang barat. hehe.. Di bagian barat ada jenis2 permainan konstruksi (lego lumayan lengkap), transportasi pesawat terbang dan area multimedia untuk anak. Jadi yang boleh masuk di area PAUD cm anaknya aja. Orangtuanya nunggu di ruang tunggu yang sudah disediakan CCTV. Jadi kita tetep bisa melihat apa yang sedang dilakukan. Seru deh! Mengajarkan Ca untuk berani. Pertama kalinya Ca ikut kelas dengan anak2 yang belum dikenal, tanpa mamah. 😍
Dari PAUD, kami melanjutkan ke wahana terakhir, yaitu Planetarium. Kebetulan dapet jadwal jm 11.30. Secara keseluruhan show di planetarium bagus si. Menambah wawasan tentang luar angkasa sekaligus menampilkan langit malam kota Jogja. Cuma untuk Ca ternyata belum cocok. Anaknya kurang menikmati. Mungkin karena sudah lelah atau gimana lebih banyak rewel dan tidur selama show. heheh

Selesai deh wisata hari ini. Dari Taman Pintar melanjutkan makan siang di area malioboro, skalian beli oleh2, dan bablas stasiun untuk pulang. Pulangnya bisa naik logawa lagi dengan harga yang sama. Nah untuk rincian liburan singkat ini, kami sekeluarga menghabiskan dana sekitar 1,4 juta (belum termasuk oleh2).

Rincian Biaya Liburan Jogja 2 Hari 1 Malam

Harga hotelnya saya bulatkan ke harga rata-rata aja ya. Soalnya kemaren saya dapet harga 100rb itu bener2 beruntung karena dapet promo diskon dari Airy.

Ternyata liburan sekeluarga ngga harus mahal ya moms. Dari perjalanan singkat ini, Ca ngga cuma bersenang-senang. Tetapi juga belajar bersosialisasi, belajar tentang satwa, kegiatan fisik (selama di SKE) dan kegiatan edukatif lain di Taman Pintar. Seru deh. 😊

Komentar

  1. Mbaaak mantab info liburan dg batita di Jogja ini, kumplit. Semoga someday aku bs ke Jogja bareng kelurga

    BalasHapus
  2. INGIN CEPAT MENDAPATKAN UANG BANYAK?
    MARI GABUNG BERSAMA KAMI

    PROSES TERCEPAT. TERMUDAH dan TERPERCAYA.
    jadilah JUTAWAN di Bandar QQ
    Ayo Join Sekarang.
    Dan Daftarkan diri anda sekarang.

    BalasHapus
  3. Harrah's Cherokee Casino & Hotel - Mapyro
    Search for νƒœλ°± 좜μž₯λ§ˆμ‚¬μ§€ Harrah's μΆ©μ£Ό 좜μž₯샡 Cherokee Casino & Hotel in Cherokee, NC. Find reviews and discounts λ‚˜μ£Ό 좜μž₯λ§ˆμ‚¬μ§€ for ν•˜λ‚¨ 좜μž₯샡 AAA/AARP members, seniors, long stays & work-life μ„œμ‚° 좜μž₯μ•ˆλ§ˆ balance.

    BalasHapus

Posting Komentar