Review Playmat 4 in 1 Workshop The Cool Tool

Di tutorial membuat LMA Hijaiyah, saya cerita sedikit tentang Playmat. Nah kali ini saya mau coba kasih review tentang alat ini ya moms.

Playmat ini sebenernya mainan untuk anak. Rekomendasinya sih untuk usia 7 tahun ke atas. Tapi kalo liat ig mommies montessorian, banyak juga yg pake untuk di bawah usia 7 tahun. Pokoknya intinya ini mainan. Mainan yang bisa dipake buat motong kayu, ngukir, mbolongin dan ngamplas. Jadi anak berasa jadi Little Carpenter. Mengasah kreativitas anak membuat mainan sendiri dari kayu. Untuk detail fungsi playmat silahkan googling sendiri ya moms. Saya cuma mau kasih reviewnya aja.

Ini penampakan Playmat untuk fungsi Bor

Ini penampakan untuk fungsi ukir

Loh, Playmat bisa buat potong kayu emang ngga berbahaya??

Ini juga yang jadi pertanyaan besar saya. Tapi setelah punya, akhirnya bisa membuktikan sendiri. Jadi alat ini ajaib pisan. Bisa motong kayu, tapi begitu kena tangan langsung jadi jinak. Ini saya kasih buktinya ya. Saya sengaja nempelin telunjuk kanan saya di pisaunya saat alat nyala. Saya tempelin dari segala penjuru dan memanggg aman.


Hmmm… Berarti alat ini bagus dan berguna banget ya? Tapi anak saya masih balita, belum bisa pake dong?

Berguna atau engganya sih tergantung. Saya pribadi beli waktu Ca usia hampir 3 tahun. Waktu memutuskan beli juga memang bukan untuk Ca. Niatnya mau saya pake sendiri dulu bikin mainan dari kayu buat Ca. Nah nanti setelah Ca sudah cukup besar dan bisa mengoperasikan, baru saya wariskan dan kasih kebebasan Ca untuk berkreasi sendiri.

Balik lagi ke niat awal saya. Jadi awal alat ini datang, banyak banget wishlist bebikinan. Mulai dari LMA Hijaiyah, Puzzle 2D, Puzzle 3D, montessori aparatus, dsb. Tapi sampe sekarang baru kesampaian bikin LMA hijaiyahnya aja. 😂 Menurut saya, Kalo moms memang suka dan telaten banget bebikinan, alat ini berguna. Mengingat sekarang ini masih jarang ya ada alat yang aman untuk bebikinan dari bahan kayu.

Apasih Kelemahan Playmat?

Ngga adil ya kalo saya cuma membahas yang bagus-bagus dari playmat. Berasa lagi jualan. hahaha Jadi saya akan jujur juga kelemahan Playmat di mata saya.

Pertama, alat ini bentuknya kecil. Namanya juga mainan untuk anak, jadi pasnya memang untuk anak. Kalo dipake orang dewasa, buat saya agak kurang leluasa. Kaya kurang lebar aja gitu. hihi

Kedua, mata pisaunya gampang tumpul. Mata pisau playmat ga terlalu tajam. Jadi memang ga bisa motong kayu yang tebel ya moms. Kayu seukuran triplek aja yg tipis2. Nah setelah kemaren saya pake bikin LMA, ternyata mata pisaunya jadi tumpul. Artinya mata pisau playmat ga bisa awet lama-lama. Sebenernya dijual juga sih spare partnya (termasuk mata pisaunya aja), tapi jadi ribet ya kalo harus bolak balik ganti mata pisau.

Ketiga, kalo sudah dipake dan alatnya jadi panas, mata pisaunya jadi berbahaya. Berbahaya maksudnya kalo kena jari lumayan sakit juga, biarpun ga berdarah. Ya tapi kalo alatnya udah panas aja/ pemakaian lama. Kalo masih dingin/ normal sih aman-aman aja.

Keempat. Mahal. 😂 Mahal juga salah satu kekurangan ya moms. Bayangin, alat yang kecil gitu harganya bisa jutaan. Ya kalo beli pas promo bisa sih dapet di bawah sejuta. Tapi tetep mikir2 juga ya kalo harganya mahal.

Kira-kira begitulah review ala ala dari saya. Selanjutnya saya mau share tutorial memasang Playmat. Waktu saya pertama kali mau pake sempet kebingungan pasangnya. Ada juga moms yang sampe DM saya minta diajarin cara masangnya. Jadi sekalian saya buatkan video cara pasang Playmat ya. Semoga bisa berguna. 😉



Komentar