DIY Mainan Bagian Wajah

Saya termasuk ibu yang ngga konservatif seperti ibu-ibu di keluarga besar saya. Dalam artian, di keluarga besar saya, kalo Ibu rumah tangga ya pekerjaannya di dapur, kerjaan rumah dan momong anak. Tetapi kalo saya agak berbeda. Saya selalu pengin anak mendapat pendidikan yang terbaik. Ngga cuma masalah sekolah di sekolah terbaik, tetapi juga pendidikan yang kita berikan sejak anak masih bayi.

Saya seneng banget menikmati momen bermain bersama sambil mengedukasi anak. Istilahnya “Learning Trough Playing”. Tapi sering yang saya lakukan ini menjadi bahan omongan di keluarga.   
“Kamu ngapain sih Ka nyiapin main kaya gitu? Emang anakmu mudeng?”
“Niat banget? apa gunanya?”

Awalnya agak kesel juga denger yang begini. Tapi saya biarin aja lama-lama juga diem sendiri. Setelah melihat perkembangannya Ca terutama 😚.

Jadi intinya, memberikan stimulus sejak anak masih kecil itu baik ko. Tapi jangan asal kasih ya moms. Kita tetep kudu berilmu. Apakah yang kita kasih memang sudah sesuai dengan tingkat perkembangannya atau belum. Misal anak usia 1,5 tahun kan ngga mungkin langsung diajakin nulis. Jadi kita bisa main-main untuk mengasah Pre Writing Skills kaya latian menyendok, dsb..
Nah kali ini saya mau berbagi sedikit permainan untuk mengenalkan bagian-bagian wajah (mata, hidung, dsb). Nama permainannya Puzzle Wajah. Bisa dimainkan untuk anak usia 2 tahun kalo ga salah. Ya pokoknya liat interestnya anak aja. Permainan Puzzle Wajah ini bisa moms bikin sendiri di rumah. Sebenernya sekarang sudah banyak banget ya yang jualan mainan-mainan edukatif. Termasuk permainan ini juga pasti ada juga yang jual versi bagus. Tapi buat saya, ngga perlu semuanya harus serba beli. Kalo bisa bikin sendiri dan lebih murah kenapa engga?

Alat dan Bahan:
  1. Printable bagian wajah. Bisa di download di sini -> Printable Bagian Wajah 
  2. Kertas laminating. Bisa dilaminating sendiri pake setrika atau alatnya. Bisa juga minta dilaminating di tempat fotokopian. 
  3. Gunting 
  4. Velcro 
  5. Lem tembak.
Cara membuat:
  1. Potong bagian-bagian wajah. Laminating. Saya rekomendasikan untuk dilaminating supaya lebih awet dan bisa dipake bolak balik.
  2. Tempelkan velcro pada bagian wajah. Saya rekomendasikan tempel pake lem tembak karena daya rekatnya lebih bagus. Kalo ngga memungkinkan bisa pake lem lain yang cukup kuat.
Selesaiii. Gampang banget ya bikinnya. Sederhana. Tapi asli untuk anak 2 tahun, kalo mainnya didampingi orang tua, pasti anak senang sekali. Ca sampe main berulang kali ga bosen-bosen. Hihihi Semoga bermanfaat ya moms tutorial sederhana ini. Selamat bermain!! 😘

Komentar